Selasa, 25 September 2012

pengenalan beberapa port pada pc


A.    Port serial.

Serial Port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port seri merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang. Penggunaan port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) computer lain dengan motherboard, penghubung antara mouse dengan motherboard, penghubung antara modem dengan motherboard, dan mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari mainboard ke perangkat lainnya.


B.    Port LPT.


Port Paralel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki).

Umumnya digunakan untuk printer paralel, harddisk eksternal dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin.


C.    Port PS2


Port PS/2.Port warna hijau (atas) digunakan untuk mouse dan warna ungu (bawah) untuk keyboard

Port PS/2 (Personal System/2), yaitu port untuk menghubungkan mouse dan keyboard.Pada komputer-komputer seri terbaru, port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB.


D.   Port VGA.

Fungsi utama dari sebuah VGA adalah untuk menampilkan gambar dari komputer pada layar monitor Anda (monitor LCD, monitor CRT, proyektor, dll). Jadi perananan VGA sangat penting dalam komputer. Bayangkan jika Anda memakai komputer tapi tidak ada yang ditampilkan oleh komputer tersebut, tentu komputer tersebut tidak dapat Anda manfaatkan.

E.    Port game/ midy.


Game port adalah konektor berjenis DA-15 untuk peranti masukan video game pada komputer pribadi berbasis arsitektur x86. Port ini umumnya terintegrasi dengan unit I/O, kartu suara, atau sebagai fitur terintegrasi dalam motherboard. Microsoft telah menghentikan dukungan port ini dalam sistem operasi Windows Vista, maka para produsen juga meniadakan port ini padamotherboard keluaran baru. Namun, masih memungkinkan adanya dukungan driver dari pihak ketiga. Port ini biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan joystick, yang sekarang peranannya digantikan oleh USB.

 semoga beberapa informasi ini dapat menambah pengetahuan temen-temen sekalian, terimakasih. :)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar